Hari Pertama Sekolah di Tengah Pandemi Covid-19


Senin, 13 Juli 2020, --di tengah pandemi Covid-19 yang entah akan berakhir kapan dan yang sampai saat ini masih saja menghadirkan banyak kasus dan korban meninggal-- musim atau hari pertama sekolah resmi dimulai.

Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan tetap melaksanakan tahun ajaran baru 2020/2021 sebagaimana yang telah tercantum atau terjadwal dalam kalender pendidikan periode ini, yakni di bulan Juli ini.

Sebelumnya, sempat pula beredar informasi bahwa tahun ajaran baru akan dimulai pada awal tahun 2021 mendatang. Mengingat jumlah kasus Covid-19 di Indonesia yang belum juga menunjukkan tanda-tanda penurunan, serta belum bisa diketahui dan dipastikan kapan pandemi ini akan benar-benar berakhir baik di Indonesia ataupun di negara lainnya.

Selanjutnya, timbul banyak pertanyaan berbalut rasa khawatir dari berbagai pihak dengan dimulainya kembali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang bertempat di sekolah. Lain halnya jika KBM tetap dilaksanakan secara jarak jauh (di rumah masing-masing) melalui media dan dalam jaringan (daring).

Salah satu hal yang menjadi kekhawatiran dan perhatian terbesar ketika sekolah kembali dibuka adalah terinfeksinya seorang atau beberapa siswa tanpa menunjukkan gejala kemudian menginfeksi kepada temannya yang lain.

Terlepas dari itu semua, pemerintah telah mengantisipasi dan memberi kebijakan kepada masing-masing sekolah agar menerapkan protokol keamanan, kesehatan, serta keselamatan sebagaimana mestinya dan sebaik mungkin. Intinya, kesehatan dan keselamatan guru, siswa, dan orangtua tetap diperioritaskan.

Komentar

Postingan Populer