Perkembangan IPTEK, Berkah Atau Musibah?


Seiring dengan pergantian zaman, dunia ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) juga berkembang dengan dinamis. Dari berbagai perkembangannya tersebut, dari masa ke masa, kemudian lahirlah satu bayi bernama internet. Tak jauh berbeda dengan induknya, internet pun berkembang dengan dinamis.

Internet memungkinkan setiap penggunanya untuk satu, dua, atau tiga langkah lebih maju dibandingkan dengan yang tidak menggunakan internet. Singkatnya, internet memudahkan setiap penggunanya dalam membantu melaksanakan aktivitas sehari-harinya.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa perkembangan IPTEK khusunya internet tidak berbanding lurus dan sejajar dengan perkembangan pemahaman umat tentang internet itu sendiri. Artinya, belum semua kalangan dan lapisan umat paham dan melek akan internet.

Sebagai contoh:
- Ketika si A baru tahu dan bisa berselancar di dunia internet dengan Google, si B sudah bisa mendaftar akun Youtube dan membuat konten di kanal Youtube-nya.
- Ketika si B ingin tahu bagaimana cara agar subscribers dan viewers di kanal Youtube-nya banyak, si C sudah tahu bagaimana caranya meretas akun bahkan server milik orang lain untuk kemudian diambil datanya.

Sebenarnya, pemerintah sendiri lewat UU ITE nya telah berupaya memberikan rambu-rambu tentang penggunaan internet, tetapi tetap saja bahwa upaya tersebut belumlah bisa diterima dan dicerna dengan baik oleh umat, mengingat keterbtasan dari kedua pihak.

Selanjutnya, ketika sebagian orang tengah disibukkan dengan kehebatan internet, sebagian orang yang lain tengah sibuk untuk kembali mengembangkan IPTEK. Artificial Intelegent (AI) yang dalam bahasa Indonesia berarti kecerdasan buatan adalah anak baru dari IPTEK.

Berbeda dengan internet yang hanya bisa membantu memudahkan aktivitas penggunanya, AI malah bisa meng-handle aktivitas penggunanya. Menakjubkan. Namun di balik menakjubkannya AI, bebeapa orang berpendapat bahwa AI digadang-gadang akan menjadi ancaman baru setelah Islam Radikal. Benarkah demikian?
Wallahu a'lam bisshawab~

Komentar

Postingan Populer